Puluhan Sekolah di Sarolangun Terpilih Jadi Sekolah Penggerak

JAMBIBEDA.ID, Sarolangun – Sebanyak 28 lembaga satuan mutu pendidikan tingkat PAUD, TK, SD dan SMP terpilih menjadi pilot projec program pelaksana sekolah penggerak di Kabupaten Sarolangun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sarolangun Helmi mengatakan 28 sekolah tersebut terdiri dari dua angkatan. Diantaranya, angkatan pertama tahun 2021 terdiri dari 15 sekolah, kemudian disusul 13 sekolah untuk tahun 2022.

“Alhamdulillah sampai saat ini sudah dua angkatan sekolah penggerak. Kalau tahun kemarin ada 15 sekolah yang lulus, dan tahun ini lulus ada 13 sekolah,” kata Helmi, Senin (29/8/2022).

Menurut Helmi, sekolah-sekolah tersebut telah dinyatakan lulus oleh Ditjen Pendidikan Kemendikbud RI. Jumlah itu juga menjadi rekor terbanyak di Provinsi Jambi.

Selain itu, untuk sekolah penggerak di tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP berada di naungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun. Sedangkan sekolah tingkat SMA/SMK berada di Provinsi.

“Saat ini sudah berjalan dan sekolah penggerak ini punya program baik yang diamanahkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Mereka sudah mengikuti kegiatan kalau yang tahun sebelumnya baik tatap muka dan zoom meeting mereka sudah ada jadwalnya dan ada aplikasi yang dijadikan,” bebernya.

Dilanjutkannya, program sekolah penggerak dan guru penggerak itu saat ini telah masuk tahapan seleksi bahan. Kata dia, nanti kelengkapan data dan penjaringan akan dilakukan oleh Kemendikbud RI.

“Setelah ada penjaringan mereka akan mengirimkan hasil nilai kepada kita dan akan meminta kontribusi dalam lenjaringanya dan merangkingkan yang sudah mengikuti tes dan persetujuan pemerintah daerah apakah yang sudah di rangking ini sesuai dengan prestasi kinerja dilapangan berdasarkan analisis maupun pemantauan dari pada Diknas,” ungkapnya.

Helmi berharap pelaksanaan itu dapat menjadi contoh untuk mewujudkan visi misi pendidikan Indonesia. Mewujudkan Indonesia maju dan berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

“Program Sekolah Penggerak merupakan program kolaborasi antara Kemendikbudristek dengan Pemerintah Daerah. Dimana komitmen Pemerintah Daerah menjadi kunci utama. Peran dan dukungan Pemerintah Daerah dalam implementasi Program Sekolah Penggerak terdapat tiga tahapan pelaksanaan Program Sekolah Penggerak meliputi persiapan, implementasi dan monev,” tutupnya (pks)

LEAVE A REPLY