Libur Lebaran, Produksi Sampah di Bungo Meningkat 3 Ton Sehari

JAMBIBEDA.ID, Muara Bungo – Produksi sampah pada libur lebaran dalam per hari meningkat hingga 3 ton. Hal ini disampaikan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo.

Bila dibandingkan pada hari biasa, sampah mencapai 55-60 ton per hari. Sementara selama libur lebaran sampah mencapai 63 ton per hari.

“Tidak banyak bertambah karena Kota Bungo merupakan salah satu kota transit, jadi tidak banyak yang menghabiskan lebaran di Kota Bungo,” kata Kabid Kebersihan DLH Bungo, Zulkarnaen, Selasa (2/5/2023). 

Untuk mengatasi penumpukan sampah di TPS, pihaknya tidak melakukan libur kepada putugas kebersihan. Namun menerapkan sistem piket untuk mengangkut sampah-sampah yang ada di TPS.

Kata dia, sampah didominasi oleh bekas-bekas makanan dari pasar tumpah, pasar malam, pasar beduk dan tempat keramaian lainnya. Sementara sampah lain seperti sampah rumah tangga tidak banyak diangkut karena banyak yang mudik saat lebaran.

“Biasanya sampah rumah tangga hanya waktu lebaran pertama saja karena banyak ibu-ibu yang buang sampah setelah shalat idul fitri. Setelah itu banyak yang pulang kampung,” tuntasnya. (skm)

LEAVE A REPLY